KIFUDO

12 Film Yang Bikin Nangis Terharu

Film yang bikin nangis - Film dibuat memang bertujuan untuk membuat penonton ikut merasakan apa yang digambarkan dalam film, ada yang bikin kita ikut tertawa bahagia, ada juga yang membuat kita ikut merasakan kesedihan yang mendalam dari film tersebut.. seperti beberapa film berikut ini yang pasti mampu membuatmu mengurai air mata, atau setidaknya merasakan rasa iba yang mendalam...


1. GRAVE OF THE FIREFLIES (1988)



film GRAVE OF THE FIREFLIES

Sutradara : Isao Takahata
Penulis : Akiyuki Nosaka (novel), Isao Takahata
Pemain : Tsutomu Tatsumi, Ayano Shiraishi, Akemi Yamaguchi
Rating IMDb : 8,5

Grave The Fireflies atau Hotaru No Haka adalah sebuah film Anime Drama perang dari Jepang yang dirilis tahun 1988. Film ini bercerita tentang kehidupan tragis dan menyentuh kakak beradik korban perang yang mencoba untuk terus bertahan hidup. Setsuko dan Seita adalah kakak beradik yang pergi meninggalkan rumahnya untuk berlindung dari serangan bom Amerika. kota tempat mereka tinggal telah habis terbakar, mereka berdua selamat, namun sayangnya ibu mereka meninggal terbakar kobaran api.

Setsuko dan Seita terpaksa menginap ditempat bibinya. namun lama kelamaan makanan sangat sulit didapatkan dan membuat bibinya sering marah kepada mereka karna mereka tidak bisa mencari makanan. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi dari rumah Bibinya, keduanya kemudian tinggal disebuah tempat yang terbengkalai. Setsuko dan Seita pun harus berjuang untuk bertahan hidup ditempat itu.


Lihat Juga : 7 Film Komedi Thailand. Kocak abis




2. CHILDREN OF HEAVEN (1997)


film CHILDREN OF HEAVEN

Sutradara : Majid Majidi
Penulis : Majid Majidi
Pemain : Mohammad Amir Naji, Amir Farrokh Hashemian, Bahare Seddiq
Rating IMDb : 8,4

Children Of Heaven adalah sebuah film Drama dari  Iran yang dirilis tahun 1997. Film ini berkisah tentang petualangn kakak dan adik karna sepasang sepatu yang hilang. Ali (Amir Farokh Hasemian) adalh seorang anak 9 tahun yang sementara waktu menggantikan tugas ibunya untuk berbelanja ke pasar. ketika pergi kepasar , Ali juga membawa sepasang sepatu adiknya yang rusak untuk diperbaiki. namun sayangnya, sepatu tersebut justru hilang tanpa sengaja oleh Ali. Sampainya dirumah, Zahra (Bahere Sediqqi) adik Ali pun bersedih karna sepatunya hilang, dan tidak bisa pergi kesekolah karna itulah sepatu satu-satunya yang ia miliki. Namun mereka sepakat untuk merahasiakan kejadian tersebut, karna takut akan di marahi oleh ayahnya, dan Ali juga tau ayahnya tidak memiliki uang untuk membeli sepatu baru untuk zahra. Ali pun berjuang untuk mendapatkan sepatu baru untuk adiknya..

Tidak ada prjuangan yang sia-sia, dan dari setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, Hal inilah yang dibuktikan Ali dan Zahra dalam film ini. Kisah dalam film ini cukup memberikan kesedihan, rasa iba, arti sebuah pengorbanan dan mengajarkan akan banyak hal buat siapapun yang menontonya. Film ini menjadi salah satu nominasi oscar tahun 1998, dan mendapatkan penghargaan pada Montreal World Film Festival, Singapore Internassional Film Festival, Newport Internasional Film Festival, dan Oulu Internasional Children Film Festival.


3. THE COLOR OF PARADISE (1999)


film THE COLOR OF PARADISE

Sutradara : Majid Majidi
Penulis : Majid Majidi
Pemain : Hossein Mahjoub, Mohsen Ramezani, Salameh Feyzi
Rating IMDb : 8,2

The Color Of Paradise adalah sebuah film dari Iran yang rilis tahun 1999. film ini menceritakan kisah seorang bocah tunanetra bernama Mohammed Ramezani yang tinggal bersama ayahnya dan bersekolah di sekolah berkebutuhan khusus. Ibunya sudah meninggal sejak ia masih kecil. walaupun ia tak bisa melihat, namun Ia mempunyai Indra pendengaran yang sangat peka. keterbatasan dalam melihat tak membuat Mohamad putus asa dalam menjalani hidup. Suatu hari ketika libur sekolah, Mohamad pergi berlibur ke rumah neneknya dengan diantar oleh ayahnya. walaupun memiliki keterbatasan, nenek Mohamad sangat menyayanginya. konflik berawal ketika ayahnya Mohamad ingin menikah lagi, namun ayahnya tidak ingin calon istrinya tau kalau Ia mempunyai seorang anak tunanetra. Jelas hal ini sangat ditentang oleh nenek Mohamad. Hingga suatu hari, terjadilah kejadian di jembatan itu.....


4. LIFE IS BEAUTIFULL (1998)


film LIFE IS BEAUTIFULL

Sutradara : Roberto Benigni
Penulis : Vincenzo Cerami, Roberto Benigni
Pemain : Roberto Benigni, Nicoletta Braschi, Giorgio Cantarini
Rating IMDb : 8,6

Life Is Beautifull adalah sebuah film Drama Komedi Romantis yang dirilis tahun 1998.Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang hidup di masa perang dunia kedua. Bergini adalah seorang ayah yang sangat mencintai putranya. Namun perang dunia membawa imbas kepada keluarganya, Ia dipisahkan dari istrinya dan dijadikan tawanan oleh tentara Nazi termasuk anaknya. Bergini dan anaknya tidak lagi memiliki kebebasan dan ditempatkan dikawasan yang dipagari kawat berduri dan dijaga tentara Nazi yang bersenjata lengkap. dalam kondisi yang seperti itu, Ia tak ingin anaknya merasakan kesedihan, Berginni mengatkan padaa anaknya bahwa mereka sedang melakukan permainan perang, siapapun yang bisa bertahan ditempat tersebut, maka ia akan menjadi seorang pahlawan. mendengar perkataan Bergini, anaknya pun menjaddi semangat dan menikmati kehidupan di tempat tersebut. Bergini terpaksa berbohong agar anaknya tidak merasa bosan dan sedih ditempat tersebut. Ia ingin mengajarkan kepada anaknya bahwa hidup ini indah, seburuk apapu kehidupanmu, hidup harus dinikmati.

Film ini mengajarkan penonton untuk selalu berpikiran positif terahdap apapun yang terjadi dalam hidup, karna dengan begitulah kita bisa menghadapi segala kesusahan. buat yang mungkin hidupnya terasa semakin berat karna berbagai masalah, SF sarankan untuk menonton film ini..


5. TURTLES CAN FLY (2004)


film TURTLES CAN FLY

Sutradara : Bahman Ghobadi
Penulis : Bahman Ghobadi
Pemain : Soran Ebrahim, Avaz Latif, Saddam Hossein Feysal
Rating IMDb : 8,1

Turtles Can Fly (Lakposhtha parvaz mikonand) adalah sebuah film dari Irak yang dirilis tahun 2004. Film ini berkisah tentang kehidupan anak-anak korban perang yang terjadi antara Irak dan Amerika mereka tinggal disebuah kamp pengungsian yang dikelilingi banyak ranjau. Soran, atau yang biasa dipanggil Sattelite, adalah seorang anak yang cukup pintar, di tempat pengungsian, hanya dialah yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris. Sattelite adalah ketua kelompok anak-anak pengungsian yang setiap harinya bekerja mengumpulkan ranjau untuk dijual. tentu saja ini sangat berbahaya, karna jika ranjau ini terinjak maka ia akan meledak, namun Soran dan teman-temanya sudah lihai bagaimana cara menemukan ranjau.

Film ini sangat menarik untuk ditonton, karna memberikan perspektif perang dari sisi anak-anak, masa-masa kehidupan yang harusnya diisi dengan kesenangan namun digantikan dengan kemuraman akibat perang.


Lihat Juga : 10 Film yang Gagal di Box Office, Rugi Besar deh




6. THE BOY IN THE STRIPPED PAJAMAS (2008)


THE BOY IN THE STRIPPED PAJAMAS

Sutradara : Mark Herman
Penulis : John Boyne (novel), Mark Herman
Pemain : Asa Butterfield, David Thewlis, Rupert Friend
Rating IMDb : 7,8

The Boy In The Stripped Pyjamas adlah sebuah film asal Inggris yang rilis tahun 2008. Film ini dibuat berdasarkan Novel dengan judul yang sama karya John Boyne. Film ini besetting dimasa perang dunia kedua dimana Adolf Hitler masih berkuasa. bercerita tentang seorang anak bernama Bruno, yang hidup dalam keluarga yang kaya karna ayahnya adalah seorang komandan tentara Nazi. suatu haari ayah bruno mendapat perintah untuk mengepalai Kamp pekerja yahudi. mereka pun harus pindah kesebuah tempat yang terpencil. Bruno merasa bosan tinggal dirumah barunya karna ia tak memiliki teman.

Suatu hari Ia nekat pergi ke belakang rumah mereka, walaupun sebenarnya ayahnya sudah melarangnya, setelah melewati sebuah hutan kecil, Bruno akhirnya sampai di Kamp pekerja Yahudi. Dibslik pagar berduri dan bermuatan listrik di kamp, Bruno melihat anak yahudi sebayanya bernama Schmuel. Akhirnya Bruno dan Schmuel menjadi teman meski dijalin secara rahasia. Bruno secara diam-diam sering mengunjungi Schmuel dan memberikanya makanan, tak jarang mereka juga bermain bersama dan saling berbagi cerita. meski dihalangi pagar kawat yang bermuatan listrik bertegangan tinggi.


7. THE PURSUIT OF HAPPYNESS (2006)



film THE PURSUIT OF HAPPYNESS

Sutradara : Gabriele Muccino
Penulis : Steve Conrad
Pemain : Will Smith, Thandie Newton, Jaden Smith
Rating IMDb : 8,0

The Pursuit of Happyness adalah sebuah film Drama Biografi yang rilis tahun 2006, film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dari hidup Chris Gardner. Chris pada awalnya hanyalah seorang salesman, namun berhasil menjadi seorang pialang saham yang sukses. Chris Gardner (Will Smith) adalah seorang salesman yang menghabiskan uang tabunganya untuk membeli sebuah alat Scanner Tulang Portable, tentu saja agar bisa ia jual kembali. Namun kebanyakan Dokter yang ia temui enggan untuk membelinya karna harganya yang terlau mahal. disisi lain ia membutuhkan uang untuk mencukup kebutuhan anak semata wayangnya, Christopher yang masih kecil. disaat kondisi ekonomi yang makin sulit, Istri Chris, Linda, memutuskan untuk pindah ke tempat saudaranya di New York. awalnya Linda ingin membawa Christopher, namun urung karna karna permintaan Chris. Suatu hari, dalam keadaan putus asa, Chris bertemu dengan seorang pialang saham yang sukses dan menawarkanya untuk berkarir sebagai pialang saham. sayangnya nasib Chris tidak langsung berjalan mulus, justru kondisi ekonominya semakin terpuruk. Ia diusir dari kontrakan dan hidup menggembel. Namun Chris adalah orang yang memiliki semangat tinggi, ia pun semakin giat berjuang demi anaknya.

Film ini adalah salah satu film Drama Amerika yang paling menyentuh hati, karna jalan ceritanya yang membuat penonton sedih, dan pasti menangis tersedu-sedu...



8. LION (2016)


film LION

Sutradara : Garth Davis
Penulis : Saroo Brierley, Luke Davies
Pemain : Dev Patel, Nicole Kidman, Rooney Mara
Rating IMDb : 8,1

Lion adalah film drama yang rilis tahun 2016 lalu, film ini dibuat berdasarkan sebuah buku Non-fiksi karya Saroo Brierley yang berjudul A Long Way Home. Film ini berceita tentang Saroo, seorang anak India berusia 4 tahun, yang salah naik kereta dan tersesat hingga berada di Calcutta, yaitu kota yang berada sejauh 1000 Mil dari rumah dan keluarganya di Khandwa. Saroo yang masih kecil pun harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk menjadi pengemis. namun tak lama kemudian Ia dibawa ke sebuah panti asuhan dan akhirnya di adopsi oleh seorang warga Australia. Saroo pun kemudian dibawa ke Australia dan menikmati hidup yang jauh lebih baik disana. Namun setelah 25 tahun kemudian, Saroo berniat menemukan kembali keluarga aslinya, ia melakukan segala usaha, salah satunya menggunakan bantuan aplikasi Google Earth dan berhasil menemukan beberapa petunjuk tentang dimana keberadaan rumah dan keluarganya.


9. TAARE ZAMEEN PAR (2007)


TAARE ZAMEEN PAR

Sutradara : Aamir Khan
Penulis : Amole Gupte
Pemain : Darsheel Safary, Aamir Khan, Tanay Chheda
Rating IMDb : 8,5

Taare Zamen Par atau dikenal dengan judul Like Star On Earth adalah sebuah film dari India yang rilis tahun 2007. Film Taare Zamen Par bercerita tentang seorang anak laki-laki bernam Ishaan yang tinggal bersama keluarganya. separti anak-anak seusianya, Ishan sangat suka bermain. namun dalam masalah sekolah, Ishan adalah seorang anak yang bandel, tidak penurut, dan suka membolos. Ishaan tidak pernah mau belajar, tidak pernah mengerjakan PR sehingga selalu mendapat nilai merah. hal ini juga membuat ia sering di ejek oleh teman-temanya. Namun Ishaan mempunyai kelebihan yaitu Ia sangat pandai melukis, namun tidak ada orang yang menyadari hal tersebut.

Hingga kemudian, karna tidak tahan dengan nilai buruk yang selalu di dapat Ishaan, apalagi diusianya sekarang ia masih tidak bisa membaca dan menulis. Ayahnya mengirimnya kesebuah sekolah Asrama khusus, namun nyatanya itu tak bisa merubah ishan, Ia justru merasa dibuang oleh keluarganya. Hingga suatu hari datanglah seorang guru seni baru bernama Ram Shankar Nikumbh. kedatangan Ram pun kemudian perlahan merubah Ishaan, karna Ram yakin Ishan adalah seorang anak yang cerdas, namun ada sesuatu yang menghalanginya.


10. I AM SAM (2001)



film I AM SAM

Sutradara : Jessie Nelson
Penulis : Kristine Johnson, Jessie Nelson
Pemain : Sean Penn, Michelle Pfeiffer, Dakota Fanning
Rating IMDb : 7,6

I am Sam adalah sebuah film Drama keluarga yang rilis tahun 2001. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Sam yang memiliki keterbelakangan mental. Hal itu membuat tingkah laku dan tingkat kecerdasan Sam tak ubahnya seperti seorang anak kecil. Sam mempunyai seorang anak bernama Lucy. tentu saja Lucy bukan anak kandung Sam. Lucy adalah anak dari teman Sam yang tidak mau bertanggungjawab dan pergi meninggalkan Lucy. walaupun bukan anak kandungnya, Sam sangat menyayangi Lucy. untuk memenuhi kebutuhanya sehari-hari, Sam bekerja di kedai kopi Starbucks. dengan segala keterbatasanya, Ia selalu berusaha agar bisa mencukupi kebutuhan Lucy.

Hingga kemudian Lucy menginjak umur 7 tahun, masalah pun muncul. Badan Sosial pemerintah menganggap Sam tidak layak mengadopsi Lucy karna keterbelakangan mentalnya. Lucy pun dipisahkan dari Sam dan ditempatkan di rumah orangtua asuh sementara. karna Sam begitu menyayangi dan tidak ingin kehilangan Lucy, segala usaha pun dilakukanya untuk membuktikan bahwa Ia mampu menjadi ayah yang bertanggungjawab buat Lucy.


Lihat Juga : 13 Film Tentang Bencana Alam Terpopuler



11. BAJRANGI BHAIJAAN (2015)


film BAJRANGI BHAIJAAN

Sutradara :  Kabir Khan
Penulis : Vijayendra Prasad
Pemain : Salman Khan, Harshaali Malhotra, Kareena Kapoor, Nawazuddin Siddiqui
Rating IMDb : 8,1

Bajrangi Bhaijaan adalah sebuag film Drama Komedi yang mengharukan dari India yang rilis tahun 2015. Film ini menceritakan kisah tentang seorang gadis kecil yang berasal Pakistan bernama Shanida (Harshaali Malhotra) yang tidak bisa berbicara namun dapat mendengar. Shanida terpisah dari Ibunya ketika melakukan perjalanan dengan kereta. Ia berjalan dan tersesat hingga akhirnya bertemu dengan seorang pria yang sering dipanggil Bajrangi. Bajrangi adalah seorang penganut agama hindu yang taat. dalam hidupnya Ia tidak pernah berbohong. Bajrangi kemudian membawa Shannida kerumahnya dan dipanggil dengan nama Munni. Setelah beberapa lama, akhirnya Bajrangi mengetahui bahwa Munni adalah seorang anak Pakistan sekaligus seorang Muslim. Bajrangi pun berusaha mengembalikan Munni ke Negaranya, meskipun harus melalui banyak rintangan, karna perselisihan Negaranya dengan Negara Munni. Namun Ia tetap berjuang untuk bisa mengembalikan Munni kepada Orangtuanya. bahkan ia harus masuk ke Pakistan tanpa Visa.


12. DHANAK (RAINBOW) (2016)



film DHANAK (RAINBOW)

Sutradara : Nagesh Kukunoor

Penulis : Nagesh Kukunoor
Pemain : Krrish Chhabria, Hetal Gada, Vipin Sharma
Rating IMDb : 8,1

Dhanak adalah sebuah film dari Drama India yang rilis tahun 2016. bercerita tentang kakak beradik yang ingin menemui idolanya. Pari (Hetal Gada) dan Chotu (Krrish Chhabria) adalah kakak beradik yang tinggal bersama dengan paman dan bibinya. Chotu adalah seorang anak tunanetra yang dari kecil sudah tidak bisa melihat. Pari mempunyai keinginan agar adiknya suatu hari bisa melihat. Setiap Pari dan Chotu berangkat sekolah mereka selalu membicarakan idolanya hingga sampai di sekolah. Dimana Pari mengidolai Shahrukh Khan dan Chotu sangat mengidolai Salman Khan. Suatu hari Pari melihat sebuah poster Shahrukh Khan mengenai amal penyembuhan mata. Pari kemudian mengambil poster tersebut. dan mulai saat itu, Pari menulis surat mengenai adiknya untuk diberikan kepada Shahrukh Khan. Keesokan harinya Pari memberikan kepada tukang post untuk mengirimkan suratnya kepada Shahrukh Khan. Namun ternyata surat tersebut tidak pernah dikirim oleh tukang post tapi malah diberikan kepada pamanya. Paari pun merasa sangat sedih setelah mengetahui hal ini.

Suatu hari, saat Pari diberitahu oleh Gardu (Rajiv Laxman) yang juga penggemar Shahrukh Khan. Gardu mengatakan bahwa Shahrukh Khan sedang melakukan syuting di pesisir didekat Jaisalmer. Pari pun menemui pamannya untuk membawanya dan juga Chotu pergi ke Jaisalmer untuk bertemu dengan Shahrukh Khan. Namun pamannya menolak karna Jaisalmer letaknya sangat jauh. Suatu malam Pari mengajak Chotu untuk pergi ke Jaisalmer secara diam-diam, karna Pari percaya bahwa Shahrukh Khan akan bisa memberikan pertolongan pada Chotu untuk bisa melihat.


Nah itu dia guys 12 Film Yang Membuatmu Menangis Terharu

Subscribe to this Blog via Email :